Hari Terakhir – Hari 21

Yeay..ini hari terakhir saya membuat jurnal harian sebagai komitmen saya untuk memulai #projecteatingclean.

Hari ini dimulai dengan minum air putih. Kemudian, saya konsumsi buah pisang.

Untuk sarapan saya membuat yang simpel saja, nasi merah sisa kemarin saya kukus juga saya kukus sebentar wortel dan sayur pakcoy, lalu saya buat telor mata sapi. Tak lupa saya menyiapkan air minum yang saya sudah beri biji chia untuk saya minum kurang lebih setengah jam setelah saya sarapan.

Untuk makan siang saya memasak ikan gindara fillet yang saya goreng dengan minyak sedikit (sebelumnya saya cuci bersih ikannya, saya buat kering dan saya taburi dengan garam). Setelah matang, suwir-suwir ikannya, matikan api kemudian saya kucuri sedikit perasan jeruk nipis. Lalu saya campur dengan extra virgin oil dan daun ketumbar. Untuk sayur, saya membuat tumis tahu, pakcoy dan tauge. 

Kemudian menjelang sore, saya makan kembali menu yang sama, dan untuk malam saya makan 2 baso tahu (1 tahu, 1 siomay)…baso tahu dekat kantor suasemua ak banget, dan ngidam terus pengen baso tahu ini😁.

Baiklah saya akhiri 21 hari jurnal harian dalam rangka project eating clean saya. Bukan berarti setelah 21 hari ini saya akan makan asal-asalan, tapi saya sudah mengubah mindset saya bahwa makan makanan sehat itu kudu, harus dan itu harus jadi gaya hidup dan kebiasaan saya. Seperti tulisan pertama saya di blog ini bahwa hidup sehat itu adalah kontrak seumur hidup, bukan hanya sampai target tercapai, misal turun berat badan, tidak mengeluh sakit lagi, tapi kita harus menjaga tubuh kita yang merupakan bait Tuhan.

Hal-hal yang saya bisa simpulkan selama 21 hari ini:

– Yang utama adalah hati yang gembira. Kita harus bergembira dan hanya Tuhan yang bisa buat kita bergembira. Hati yang gembira adalah obat yang manjur.  Kalimat ini memang terbukti ampuh. Obat yang hebat itu bukanlah yang mahal harganya, obat impor atau apapun itu, tapi “hanya” hati yang gembira.

– Semakin kreatif dan bervariasi dalam memasak sesuatu karena jadinya dipaksa untuk berpikir bagaimana mengolah makanan yang sehat tanpa banyak minyak, gula, dan garam. Selain itu, mencari resep-resep bari yang sehat menjadi kegemaran baru.

– Tidak semua produk kemasan superfood perlu kita makan, makanan yang dikatakan superfood adalah makanan yang berasal dari alam, bebas pestisidan dan zat kimia lainnya. Bersyukur tinggal di Indonesia karena sayur-mayur, buah-buahan, rempah-rempah, bumbu-bumbu alam semua tersedia disini.

– Masih banyak lagi sih yang bisa disimpulkan, tapi bisa kita lanjut di tulisan-tulisan saya berikut. Nantikan yah😉..btw, selama #projecteatingclean ini saya dapat bonus turun berat badan sampai 3 kg lebih.

Ok..sampai ketemu lagi di tulisan berikut.

~Salam Sehat~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s