Olah Sayur Tidak Terlalu Lama – Hari 18

Memulai hari setelah minum air putih, saya konsumsi buah, pisang muli 2 buah dan jeda beberapa lama saya konsumsi buah strawberry.

Berhubung dari pagi saya sudah di luar, jadi hari ini saya memutuskan tidak berolahraga. Pulang ke rumah saya menyiapkan makanan buat saya. Saya panaskan nasi putih sisa ke dalam kukusan, saya masukkan juga tahu dan bayam ke dalam kukusan. Untuk bayam hanya 1 menit saya kukus supaya nutrisinya tidak banyak berkurang. Untuk semua sayuran jangan mengolahnya terlalu lama atau terlalu matang, cukup sebentar saja, sebisa mungkin setengah matang. Karena itu, kalau memungkinkan belilah syauran organik yang bebas dari pestisida, jadi kalaupun kita makan mentah itu tidak masalah buat tubuh kita. Tidak lupa saya tambahkan ikan tenggiri yang saya goreng dengan minyak sedikit. Inipun sisa yang ada di kulkas. Tips sedikit untuk mengolah ikan tenggiri. Saya olah dengan cara mengungkepnya menggunakan sedikit air, dan menjelang menyusut saya berikan sedikit garam. Setelah itu, kita bisa masukkan ungkepan ikan ke dalam kulkas dan bisa tahan berhari-hari. Kalau kita mau memakan ikan tersebut, tinggal keluarkan dari kulkas dan goreng sebentar saja dengan sedikit minyak untuk memberikan kerak-kerak di ikannya.

Menjelang siang, saya mengolah masakan goreng ikan kembung goreng, tahu goreng dan tempe goreng, serta tumis kangkung. Saya makan nasi putih, tahu kukus (karena masih ada sisa), tempe goreng, ikan tenggiri sisa tadi pagi, dan sayur tumis kangkung.

Untuk snack sore, saya makan kacang edamame..sangat sehat dan nikmat. Makan malam, saya konsumsi nasi putih, tahu goreng, tempe goreng, ikan gembung goreng, sedikit potongan ayam goreng (minta suami), ulukutek yang dibeli suami (makanan sunda, leunca yang dicampur sambal oncom), dan sayur salada mentah..banyak banget menu malamnya..sesekališŸ˜.

Kita tetap harus mengatur pola makan kita, optimalkan 80% bahkan lebih untuk eating clean, sisanya sekalipun mau makanan luar tentu saja prinsipnya jangan berlebihan, sebisa mungkin hindari MSG/Vetsin.

~Salam Sehat~

Leave a Reply

